Senin, 17 April 2017

PUASA BISA MENURUNKAN BERAT BADAN



Hipocrates pernah mengatakan, puasa sangatlah baik untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan dengan puasa, berat badan kita pun bisa diturunkan secara optimal. Diet saat puasa sangatlah baik apabila Anda lakukan ketika bulan Ramadhan. Karena selain bisa mendapatkan berat badan ideal, diet berpuasa juga akan membuat kita mendapatkan banyak pahala dari Tuhan


Diet ala Rasulullah ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Dimana saat itu banyak sahabat nabi yang mengalami obesitas. Kemudian berkat ide cemerlang dari Rosul yang menyuruh mereka berpuasa, kegemukan (obesitas) tersebut bisa berkurang hampir 80 %. Tertarik untuk mencoba diet dengan puasa ini? simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berpuasa


Jangan tinggalkan sahur




Banyak para pelaku diet yang menganggap tidak sahur akan membantu menurunkan berat badan secara optimal. Padahal ini justru sebaliknya. Ketika tidak sahur, tubuh akan menuntut konsumsi kalori dan gula dalam jumlah besar. Sehingga akibatnya ketika berbuka di sore hari, kita akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Perbanyak konsumsi air putih




Jangan lupa ketika sahur, perbanyak pula konsumsi air putih. Meskipun hanya sekedar air putih, namun jika tidak Anda penuhi akan sangat buruk bagi kondisi kesehatan. Malahan beberapa diantara mengalami dehidrasi berat akibat kurangnya asupan air putih dalam tubuh.

Idealnya, selama 24 jam tubuh harus terisi air sebanyak 8 gelas. Nah ketika berpuasa, Anda bisa menambah porsi air putih tersebut menjadi 10-12 gelas, terutama perbanyak saat sahur dan berbuka.

Jangan lupakan olahraga




Ketika puasa bukan berarti Anda tidak berolahraga. Agar diet puasa Anda berjalan secara optimal, lebih baik imbangi juga dengan cara melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup jogging 10 menit setelah sahur saja sudah baik untuk menurunkan berat badan. Namun apabila tidak ada waktu untuk berolahraga di pagi hari, Anda bisa menggantinya dengan olahraga di sore hari saja. Sehingga Anda bisa ngabuburit sekalian jogging menyehatkan bukan?

Tidur siang 30 menit saja




Pekerjaan memang menuntut siapa saja untuk tidak beristirahat. Tetapi apabila Anda sedang berpuasa sekaligus menjalani program diet, pastikan luangkan waktu 30 menit saja untuk tidur siang. Meski singkat, tetapi cara tersebut sangatlah baik untuk memulihkan kondisi tubuh dan mengoptimalkan metabolisme.

Berbukalah dengan makanan sehat


Jangan takut untuk berbuka dengan yang manis-manis, tapi dengan syarat tidak boleh berlebihan ya. Untuk menu berbuka sendiri sebenarnya sangatlah fleksibel, Anda bisa mengonsumsi segala jenis makanan yang ada. Menurut cerita Nabi Muhammad SAW, jaman dulu beliau berbuka dengan madu dan kurma saja.





Nah Anda pun juga bisa meniru kebiasaan Rosul tersebut. Namun agar rasa lapar hilang, konsumsi juga makanan-makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, ketika malam hindari makan terlalu banyak. Sebab penelitian menunjukan, makan malam dalam porsi besar akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh.


Diet dengan puasa sebenarnya tidak hanya bisa Anda lakukan ketika bulan Ramadhan saja. Akan tetapi Anda juga bisa melakukannya ketika hari-hari biasa. Seperti dengan menerapkan puasa daud, Senin Kamis, dan sejenisnya.

Sumber:

 Infokesehatankita.com

Ingin hidup sehat


Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar