Senin, 24 April 2017

15 MAKANAN PENDONGKRAK KESUBURAN AGAR CEPAT HAMIL

Berbagai jenis makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan dan membantu Anda agar cepat hamil -

Anda tentunya sudah tahu bahwa ada banyak aturan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh wanita yang sedang hamil.

Tetapi bagaimana dengan wanita yang belum hamil dan ingin segera hamil? Adakah jenis makanan tertentu yang bisa membantu meningkatkan kesuburan membantu mereka agar cepat hamil?

Dalam artikel ini, Anda akan melihat beberapa jenis makanan pendongkrak kesuburan yang mungkin perlu Anda tambahkan dalam menu keseharian Anda jika Anda dan pasangan sedang berusaha untuk segera hamil.

Bagi pasangan yang sedang dalam program hamil, sangat wajar untuk mencari tahu segala hal yang bisa memperbesar peluang mereka agar bisa cepat hamil.

Salah satunya adalah dengan mempelajari nutrisi apa saja yang dibutuhkan bagi pasangan baik pria maupun wanita untuk meningkatkan kesuburan mereka.

(Buku yang direkomendasikan: Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG).

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi bagi pasangan yang sedang dalam program hamil agar bisa cepat hamil:


1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan ajaib pendongkrak kesuburan.

Data penelitian menemukan bahwa wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani, 39% lebih sulit untuk hamil.

Sebaliknya, wanita yang banyak mengkonsumsi protein nabati, tidak mengalami kesulitan untuk hamil.

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat kaya. Jadi, cobalah menambahkan berbagai jenis kacang-kacangan dalam menu makanan sehari-hari Anda.
Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil



2. Es Krim
Anda suka makan es krim? Bagus.

Satu atau dua porsi asupan susu atau produk berbasis susu lainnya (termasuk es krim) per-hari akan sangat bermanfaat bagi kesuburan Anda serta membantu proses ovulasi dalam tubuh seorang wanita.

Es krim yang kami maksud BUKAN es krim low-fat (rendah lemak).

Susu skim dan susu rendah lemak justru memberi dampak yang sebaliknya, yaitu menghambat kesuburan Anda.

Hal tersebut mungkin disebabkan karena dengan menghilangkan kandungan lemak pada susu yang Anda konsumsi, justru mengubah keseimbangan hormonal dalam tubuh Anda yang pada gilirannya akan menghambat ovulasi.

Namun, tentu saja jangan berlebihan dalam mengkonsumsi susu (atau produk berbasis susu lainnya).

Dan jangan lupa pula untuk mengimbangi asupan lemak yang berasal dari susu atau produk berbasis susu tersebut dengan nutrisi lainnya.

Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil



3. Sayuran berdaun hijau gelap
Bayam, brokoli dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan kandungan folat, yaitu vitamin yang dapat membantu meningkatkan proses ovulasi secara signifikan.

Mintalah pasangan Anda untuk mengkonsumsi sayuran hijau juga. Pria yang mengkonsumsi folat dalam jumlah yang cukup, akan memiliki sperma yang lebih sehat.

Selain itu, asupan folat juga membantu mengurangi masalah keguguran dan problem genetik pada bayi.

Pria yang mengkonsumsi folat dalam jumlah banyak, akan terhindar dari memproduksi sperma yang abnormal.

Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil



4. Biji labu
Biji labu kaya akan kandungan zat besi non-heme, yaitu sejenis zat besi yang hanya ditemukan terkandung dalam tanaman dan makanan tertentu.

Wanita yang secara teratur mengkonsumsi suplemen zat besi non-heme, 40% lebih mudah untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi zat besi ini.

Pangganglah biji labu dalam oven untuk membuat cemilan renyah yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil



5. Roti gandum
Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibanding karbohidrat olahan, sehingga sangat membantu untuk menjaga kadar gula darah (dan kadar insulin) tetap stabil.

Apa hubungan hal tersebut dengan kesuburan Anda?

Tingginya kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi. Ketika kadar gula darah seorang wanita tinggi, ia 50% lebih sulit untuk hamil dibanding wanita dengan kadar gula darah yang normal.

Kalau Anda sedang dalam program hamil, pilihlah roti berwarna gelap dibanding roti putih. Pilihlah beras merah dibanding beras putih biasa.

Roti gandum - Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil



6. Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh (radang dapat mengganggu ovulasi, pembuahan dan perkembangan embrio tahap awal).

Gunakan minyak zaitun untuk salad atau untuk memasak sebagai pengganti mentega atau minyak goreng biasa.

Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil



7. Pisang
Nutrisi penting pisang: Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam pembuahan karena vitamin ini berfungsi mengatur hormon.

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan sperma dan sel telur terganggu.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



8. Asparagus
Nutrisi penting asparagus: Asam Folat

Penelitian menunjukkan bahwa asam folat dapat membantu mengurangi risiko kegagalan ovulasi. Wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat ketika sedang dalam program hamil.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



9. Kerang-kerangan
Nutrisi penting kerang: Vitamin B12

Penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan kadar estrogen yang abnormal, yang mana dapat mengganggu implantasi telur ketika dibuahi.

Vitamin B12 juga dapat membantu memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur, sehingga mengurangi risiko keguguran.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



10. Telur
Nutrisi penting telur: Vitamin D

Sebuah penelitian di Universitas Yale mengukur kadar Vitamin D dari 67 orang wanita yang mandul dan menemukan bahwa hanya 7% dari mereka yang memiliki kadar vitamin D yang normal, sedangkan 93% lainnya menderita kekurangan vitamin D.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



11. Kacang Almond
Nutrisi penting kacang almond: Vitamin E

Penelitian menunjukkan vitamin E dapat meningkatkan kesehatan sperma pada pria. Kekurangan vitamin E juga menyebabkan kemandulan pada tikus betina.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



12. Buah jeruk
Nutrisi penting buah jeruk: Vitamin C

Sebuah penelitian dimana pria yang tidak subur diberi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari, menemukan bahwa jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar ke arah telur) meningkat.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



13. Tahu
Nutrisi penting tahu: Zat besi

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi sangat beresiko menderita kegagalan ovulasi dan telurnya tidak cukup sehat, sehingga bisa menurunkan peluang kehamilan hingga 60%.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



14. Ikan salmon
Nutrisi penting ikan salmon: Selenium

Selenium menghasilkan antioksidan yang melindungi telur dan sperma dari radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah kerusakan kromosom, yang mana diketahui dapat menyebabkan cacat lahir dan keguguran.

Penelitian juga menunjukkan bahwa selenium juga membuat sperma lebih subur.

Ikan salmon juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yang mana sangat membantu untuk mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Salmon juga rendah kandungan merkurinya dibandingkan ikan berlemak lainnya.

Catatan: hindari mengkonsumsi ikan hiu, ikan todak dan king mackerel.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



15. Kacang polong
Nutrisi penting kacang polong: Zinc


Meningkatnya kadar zinc pada pria yang tidak subur, terbukti meningkatkan volume sperma, memperbaiki bentuk, fungsi dan kualitas sperma sehingga menambah kesuburan pria.

Bagi wanita, kurangnya zinc dapat menyebabkan ketidakseimbangan estrogen dan progesteron.

Makanan Kesuburan Agar Cepat Hamil



Hindari lemak trans
Lemak trans, yang banyak terkandung dalam makanan yang dipanggang, makanan olahan dan makanan yang digoreng, adalah salah satu jenis lemak yang harus diwaspadai apabila Anda sedang berusaha untuk hamil.



Lemak trans menurunkan kemampuan tubuh untuk bereaksi terhadap insulin sehingga membuat Anda lebih berisiko mengalami ovulasi yang tidak teratur.

Sumber:

Hamil,program."15 makanan pendongkrak kesuburan agar cepat hamil."http://www.program-hamil.com/2014/05/makanan-agar-cepat-hamil.html (Diakses 25 April 2017)



Ingin hidup sehat




Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

1 komentar:

  1. Vitamin D memang menjadi salah satu vitamin esensial termasuk masalah kesehatan.

    BalasHapus