Selasa, 18 April 2017

BAHAYA KONSUMSI GARAM BERLEBIH

Garam memang menambah rasa pada makanan yang kita masak. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.



Asupan harian yang direkomendasikan untuk garam hanyalah 2.300 mg per hari untuk orang dewasa. Kenyataannya, apa yang kita konsumsi melebihi batas tersebut.

Efek dari kelebihan asupan garam tidak seketika. Tetapi sesuatu yang seperti silent killer,  yang bertindak sangat lambat.

Efek samping dari asupan garam yang tinggi adalah karena kandungan natriumnya yang tinggi. Natrium yang meningkat dalam darah disebut hipernatremia.

Berikut ini efek kesehatan dari konsumsi garam yang berlebih pada tubuh.

Tekanan darah tinggi



Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah efek samping yang paling umum dari makan terlalu banyak garam. Ketika natrium meningkat dalam darah kita, volume darah juga akan meningkat.

Hal ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Dalam jangka panjang, ini akan menyebabkan komplikasi kronis lainnya.

Retensi cairan





Retensi cairan adalah suatu kondisi dimana kelebihan cairan terakumulasi dalam tubuh Anda. Asupan garam meningkat adalah salah satu alasan utama untuk kondisi ini.
Ditandai dengan pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Minum banyak air dan juga mengurangi asupan garam.

Penyakit kardiovaskular




Kelebihan asupan garam juga membuat kita berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, asupan garam yang tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.


Dehidrasi





Jika kita tidak memiliki cukup air dalam tubuh, maka kita bisa mengalami dehidrasi, karena lebih banyak air yang ditarik keluar dari sel untuk menyeimbangkan asupan natrium yang berlebih.
Kita bisa mengalami haus yang ekstrim, mual, pusing, kram perut, muntah, dan diare.

Gastroenteritis




Kelebihan garam dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan perut. Ini bisa meningkatkan kemungkinan terinfeksi Helikobaktor pylori.
Biasanya terjadi ketika tubuh kita terkena asupan kadar garam yang tinggi. Juga bisa menyebabkan peradangan dan pertumbuhan tumor.

Masalah ginjal



Ketika terjadi kelebihan garam, maka ini akan mengurangi fungsi ginjal dan menghilangkan air, sehingga tekanan darah menjadi lebih tinggi.
Pada akhirnya asupan secara terus-menerus kelebihan garam akan menghasilkan penyakit kronis.

Osteoporosis



Jika jumlah natrium meningkat, maka kehilangan kalsium pada tubuh pun meningkat. Inilah yang akan menyebabkan penyakit pengeroposan tulang atau dikenal sebagai osteoporosis.
Pada wanita menopause, ini adalah salah satu efek kesehatan serius karena asupan garam yang berlebih.

Stroke



Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terputus. Hal ini akan mengurangi suplai oksigen, yang mengakibatkan kematian sel.
Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko yang paling penting terjadinya stroke dan asupan garam berlebih yang membuat ini terjadi secara tidak langsung.

Sumber:

Sulaeman,ade."Makanan kurang garam memang tak enak tapi 7 penyakit ini sadarkan kita akan bahaya konsumsi garam terlalu banyak."http://intisari.grid.id/Wellness/Healthy-Food/Makanan-Kurang-Garam-Memang-Tak-Enak-Tapi-7-Penyakit-Ini-Sadarkan-Kita-Akan-Bahaya-Konsumsi-Garam-Terlalu-Banyak?page=3 (Diakses 19 April 2017)




Ingin hidup sehat

Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar