Rabu, 12 April 2017

MAKANAN PENCEGAH BAU MULUT SAAT PUASA

Masalah yang sering dialami saat menjalankan ibadah puasa adalah bau mulut.

Asupan makanan dan minuman yang berkurang selama bulan ramadhan dapat membuat bakteri dalam mulut berkembang biak lebih cepat dan lebih banyak sehingga menyebabkan bau mulut.

Banyak faktor yang menyebabkan bau mulut, Salah satu penyebab nya adalah makanan yang di konsumsi saat sahur.Dehidrasi juga dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, sehingga sangat penting untuk memperbanyak minum air saat berbuka dan sahur.

Mengonsumsi cukup karbohidrat, buah-buahan dan sayuran bisa mengatasi bau mulut saat puasa. Berikut beberapa jenis makanan lain yang dapat mencegah bau mulut.

1. Yogurt


Selama menjalankan ibadah puasa disarankan untuk mengonsumsi yogurt secukupnya. Hal ini karena yogurt mengandung kalsium dan casein yang dapat menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Keju


Mengonsumsi keju saat sahur dan berbuka puasa juga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan casein di dalamnya dapat menyehatkan lapisan gigi, sehingga dapat membantu dalam mendapatkan nafas yang segar dan gigi yang sehat.

3. Seledri


Jarang orang yang mengetahui seledri dapat membantu dalam mencegah bau mulut selama bulan puasa. Caranya adalah dengan mengunyah seledri, sehingga membuat gusi sehat dan baik.
Hal ini karena kandungan klorofil pada seledri dapat membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.
Jika tidak suka mengonsumsinya mentah-mentah, bisa juga ditambahkan dalam makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

4. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat membunuh dan menghilangkan bakteri penyebab bau pada mulut.
Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dapat membantu mencegah penyakit pada gusi seperti sariawan.

5. Apel


Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena mengandung antioksidan dan nutrisi yang tinggi, mengonsumsi apel juga dapat mencegah bau mulut.
Hal ini karena kandungan gula pada apel dapat membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat.

6. Teh


Dengan mengonsumsi teh hijau atau teh merah secara teratur saat berbuka maupun sahur dapat membantu menghilangkan masalah bau mulut.
Hal ini karena di dalam teh hijau dan teh merah terdapat kandungan senyawa polifenol yang dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab bau pada mulut.
Demikian beberapa jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya bau mulut saat sedang menjalankan ibadah puasa.
Sumber:
Aziz,irul."6 Makanan yang dapat mencegah bau mulut saat buka puasa."http://masirul.com/makanan-untuk-mencegah-bau-mulut-saat-puasa/ (Diakses 13 April 2017)

Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar