Rabu, 12 April 2017

BUAH YANG COCOK DIKONSUMSI SAAT PUASA

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah.

Semua umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Dalam menjalankan ibadah tersebut, tidak dipungkiri bahwa tubuh akan mengalami kekurangan energi.


Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang mudah di cerna oleh tubuh saat berbuka puasa.

Agar badan tetap sehat, segar, stamina terjaga dan tidak lemas sangat penting minum air putih dan beberapa buah atau sayur.

Berikut beberapa buah yang sangat baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa agar badan tetap sehat.

1. Kurma


Kurma sangat baik untuk di konsumsi di awal berbuka puasa, karena mengandung glukosa yang mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa mengembalikan energi.
Selain itu didalam kurma terkandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk tubuh seperti vitamin A, thiamin, zat besi, riboflavin, mineral, magnesium, dan kalium.
Kurma juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

2. Blewah



Blewah merupakan buah yang kaya vitamin A yang tinggi. Selain itu blewah termasuk buah yang mengandung banyak air, sehingga jika di konsumsi dapat mengembalikan kekurangan cairan setelah berpuasa sepanjang hari.
Rasa buah blewah yang manis dapat berfungsi sebagai penyerapan atau absorpsi pada usus yang terjadi akibat makan tergesa-gesa dan berlebihan sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang berguna sebagai sumber energi. Pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung.
Selain itu pisang juga mengandung magnesium, kalium, karbohidrat, mineral dan potasium. Potassium berfungsi membantu aktifitas otot jantung dan metabolisme tubuh.
Daging buahnya yang lembut dapat berfungsi melapisi dinding lambung dan usus agar tidak terjadi peradangan.

4. Semangka


Semangka termasuk buah yang mengandung banyak air, sehingga akan baik untuk mengembalikan cairan yang hilang jika dikonsumsi.
Buah ini juga mudah dicerna dan diasimilasi oleh tubuh sehingga dapat memberikan asupan energi.

5. Pepaya



Pepaya sangat bagus untuk dijadikan menu buah untuk berbuka puasa karena mengandung enzim papain yang baik untuk proses pencernaan.
Enzim papain ini juga berguna untuk mengatur asam amino dan mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Mangga


Mangga mengandung banyak vitamin A, E dan C yang dapat membantu membersihkan darah. Pilih mangga yang sudah matang dan manis, sehingga rasa yang manis tersebut dapat membantu proses pengembalian energi.
Demikian beberapa jenis buah segar yang sangat baik dan cocok untuk di konsumsi saat berbuka puasa. Selain meredakan dahaga, buah-buah tersebut dapat mengembalikan tenaga dan cairan dalam tubuh.
Sumber:
Aziz,irul."Macam-macam buah segar yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa."http://masirul.com/buah-segar-yang-baik-untuk-buka-puasa/ (Diakses 13 April 2017)
Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar