Rabu, 12 April 2017

MAKANAN SEHAT SAAT PUASA MENURUT DOKTER


Sebentar lagi umat muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.Tak sedikit orang yang mulai bertanya-tanya tentang makanan sahur dan buka puasa yang cocok dikonsumsi.
Dalam rubrik Tanya Dokter di laman Alodokter.com, seperti dikutip Tribunjabar.co.id, Minggu (5/6/2016), pun ada yang mempertanyakan hal tersebut dan salah satu pengasuh rubrik tersebut, dr Lili Dwiyani menjawab dengan panjang lebar.

Menurut Lili, pola makan selama bulan Ramadan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan bulan-bulan yang lain.Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga keseimbangan nutrisi dari asupan makanan dan cairan selama bulan puasa.

Jenis Makanan untuk Sahur

Pilihlah makanan yang lambat dicerna, yaitu yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat, misalnya roti dengan selai/keju, buah kering seperti kismis atau kacang yang tidak diasinkan, sereal gantung dengan satu buah pisang atau apel.
Jenis Makanan untuk Buka Puasa
Konsumsi makanan dengan asupan energi cepat. Sebagian orang menyarankan ‘berbukalah dengan yang manis’, tetapi demi kesehatan, sebaiknya janganlah terlalu manis.

Dianjurkan berbuka dengan beberapa buah kurma atau jus buah. Makan malam setelah berbuka puasa tetap dianjurkan dengan pola makan seimbang, yaitu buah dan sayur, roti/nasi, ikan/daging, susu dan produk olahannya, serta sedikit makanan mengandung lemak dan gula.



Perbanyak asupan air untuk mengembalikan cairan tubuh.
Jenis Makanan yang Perlu Dihindari

Hindari konsumsi makanan instan atau kalengan yang mengandung karbohidrat olahan dan makanan yang digoreng.
Sumber:
DDh."Ini makanan sehat untuk sahur dan buka puasa menurut para dokter".http://jabar.tribunnews.com/2016/06/05/ini-makanan-sehat-untuk-sahur-dan-buka-puasa-menurut-dokter (Diakses 13 April 2017)
Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar