Minggu, 16 April 2017

10 CARA DIET DI BULAN PUASA

Cara diet di bulan puasa memang banyak dilakukan oleh mereka yang ingin cepat kurus. Ya, mengurangi berat di tubuh berbarengan dengan bulan puasa memang sering dijalankan oleh banyak orang. Bulan Ramadhan bisa dikatakan sebagai titik permulaan untuk menjaga diri dan menjaga pola makan.
Namun, pola makan yang salah bisa membuat orang bertambah gemuk lho meski sedang puasa. Padahal, enggak makan selama 12 jam di bulan puasa bisa jadi detoks dan diet yang alami. Yang penting pola makanmu sudah benar.
Nah, kalo pola makanmu sudah tepat saat beribadah puasa, kamu tentu bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat

Cara diet di bulan puasa paling pertama adalah kamu wajib sahur! Jangan karena ingin diet, kamu malah enggak makan sahur dan cuma minum air putih saja. Sahur itu harus dilakukan agar kamu punya energi nggak lemas di siang hari. Dan tentunya menghindari kamu makan berlebihan saat buka puasa.

Untuk menopang kebutuhan kalori saat berpuasa, konsumsilah makanan berkadar lemak rendah. Protein yang cukup, makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks. Sahurlah tepat waktu sebelum mendekati imsak, agar kamu nggak makan sahur dengan tergesa-gesa.
Saat berpuasa, untuk menjalankan kegiatan sehari-hari maka tubuhmu membutuhkan 5 unsur yakni, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Selain kelima unsur tersebut, kamu juga perlu makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran.

Serat bisa membantu kamu untuk kenyang lebih lama dan hindarilah makanan berbumbu tajam dan pedas karena bisa membuatmu mudah lapar kembali. Kandungan serat yang tinggi akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan nggak makan berlebihan.
Cara diet di bulan puasa berikutnya adalah hindarilah tidur setelah makan sahur. Karena, setelah sahur lambung membutuhkan waktu dalam proses pencernaannya. Oleh karena itu usahakan jangan tidur setelah sahur, hal ini bisa menyebabkan pencernaanmu terganggu.

Membiasakan diri tidur setelah sahur juga bisa membuat berat badanmu semakin bertambah. Nggak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, namun berat badan bisa membengkak setelah kamu tidur sesudah sahur. Sebab tubuh gak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.
Puasa nggak bisa kamu jadikan alasan untuk nggak minum dengan jumlah yang cukup. Justru, meski sedang puasa, kamu harus tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang seharusnya, yakni minimal 8 gelas per hari.

Selama kamu berpuasa, air putih akan membantu menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Dengan konsumsi banyak air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Untuk berbuka sebaiknya awali dengan meminum air putih lalu konsumsi buah kurma atau buah secukupnya.

Setelah seharian penuh kamu puasa, menahan haus dari pagi sampai sore hari tentunya membuatmu melampiaskan dengan minum air es. Jika kamu ingin menurunkan berat badan saat puasa, maka hindarilah konsumsi air es dan minuman bersoada, karena air es dan minuman bersoda bisa meningkatkan asam lambung. Saat berbuka, lebih baik kamu minum air hangat, hal ini akan membuat lambungmu lebih nyaman.
Salah satu hambatan penurunan berat badan saat berpuasa adalah menu makanan manis yang biasanya dihidangkan di atas meja makan saat berbuka puasa. Makanan manis memang menggiurkan, tapi sebaiknya kamu hindari makanan ini agar diet sehatmu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara diet di bulan puasa yang baik adalah mengonsumsi menu buka puasa yang sehat. Kamu bisa memlihi kurma sebagai pembatal puasamu. Cukup satu kurma saja, karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi.

Makanan manis cepat membuat berat badanmu naik. Kamu bisa atur pola makanmu selama 30 hari puasa. Cukup satu menu yang manis setiap harinya. Misalnya hari Senin kamu ingin berbuka dengan kolak pisang, Selasa dengan teh manis, Rabu dengan cookies, Kamis dengan kurma dan seterunya.

Harus diakui, gorengan memang menu yang enak untuk disantap saat berbuka puasa. Cita rasanya yang gurih dan renyah dianggap menjadi pemuas rasa lapar banyak orang. Namun, sama seperti makanan manis, kalau kamu ingin diet yang sehat, cobalah untuk mengurangi makanan yang digoreng.

Biasakan untuk memilih makanan yang dipanggang atau dikukus. Ganti lauk dengan ayam panggang atau ikan panggang. Jika kamu sulit menahan diri dari godaan gorengan yang hangat dan renyah, boleh saja mengonsumsinya namun tetap dalam batasan. Misalnya cukup seminggu tiga kali mengonsumsinya. Ingat, terlalu banyak makan makanan berminyak akan membuat kolestrolmu naik.
Ketika berbuka puasa, semua makanan terlihat nikmat. Makan pun jadi enggak terkendali karena nggak bisa mengontrol porsi makan. Iya, sih setelah puasa seharian, perut krucuk-krucuk enggak henti. Begitu tiba berbuka, kamu langsung makan nasi dan lauk pauk banyak.

Nggak bisa dihindari memang, saat berbuka banyak orang melampiaskan rasa laparnya dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang sangat besar. Hal ini sebaiknya kamu hindari, akrena akan membuat lambungmu kaget.
Kenapa? Karena seharian penuh lambung kamu mengerucut dan kosong. Makan banyak sesudah puasa malah membuat perut malah nggak enak. Jadi, ambilah menu di meja makan dalam porsi kecil. Jangan lupa untuk mengunyah makanan dengan halus agar lambung tidak terlalu keras mencerna makanan.
Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makan semua makanan sekaligus. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengisi perut kosong sekaligus dalam jumlah yang banyak setelah seharin berpuasa akan membuat lambungmu kaget.

Konsumsilah kurma atau buah-buahan terlebih dulu kemudian dua gelas air putih. Kemudian biarkan otak mengirim sinyal kenyang ke tubuh. Hal ini membantu usaha dietmu sempurna. Namun, jika kamu masih lapar, beberapa jam kemudian kamu bisa makan makanan berat. Tapi tetap dalam porsi yang nggak berlebihan ya.
Cara diet di bulan puasa terakhir yang bisa kamu terapkan adalah dengan tetap aktif. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan untuk melakukan kegiatan. Kamu bisa mencoba melakukan olahraga selama kamu berpuasa.

Berolahraga saat puasa memang tantangan yang berat ya gaes. Tapi bukan berarti pas puasa kamu merasa lemas dan nggak bergairah. Coba deh kamu lakukan olahraga ringan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Misalnya dengan melakukan squat, sit up, dan lari-lari kecil. Hal ini akan merupakan cara sehat untuk menurunkan berat badanmu selama puasa.
Itulah beberapa cara diet di bulan puasa yang bisa menurunkan badan dengan cara sehat. Dengan menerapkan cara di atas berat badanmu bisa terkontrol selama berpuasa. So, kamu nggak bingung lagi soal ukuran baju saat lebaran nanti. ðŸ˜€

Sumber:
Purnama,imma."10 cara diet di bulan puasa yang bikin badan kamu tetap langsing."http://papasemar.com/10-cara-diet-di-bulan-puasa-yang-bikin-kamu-langsing-tapi-tetap-sehat/ (Diakses 17 april 2017)

Ingin hidup sehat

Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar