Kamis, 09 Februari 2017

MANFAAT BUAH NAGA UNTUK DIET


     Manfaat buah naga sudah bukan lagi rahasia publik. Buah hasil dari tanaman mirip kaktus ini dikenal dengan nama pitaya atau pitahaya. Di daerah China, buah ini disebut dengan huo long guo karena mirip dengan naga. Dan merupakan buah yang dianggap membawa keberuntungan bagi yang memakannya, khususnya saat tahun baru imlek.Buah naga pertama ditemukan dan di budidayakan di amerika tengah yang lebih tepatnya berasal di Negara meksiko. 


    Manfaat buah naga untuk diet sebagai salah satu cara menurunkan berat badan secara alami memang pilihan yang tepat. Diet merupakan pengontrolan timbunan lemak pada tubuh dengan cara memperbanyak makan dan minum berserat salah satunya dengan rajin mengonsumsi buah naga.


Kandungan nutrisi buah naga

    Kandungan kalori sebanyak 60 kkal setiap 100 gram yang berasal dari karbohidrat buah naga, yang artinya mudah diurai dan tidak membuat anda gemuk. Buah naga juga kaya serat sehingga sangat bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Sistem pencernaan anda lancar, perut juga terasa nyaman. Sehingga buah naga menjadi pilihan alternatif untuk diet secara alami.Selain itu buah naga juga banyak yang menyukainya karena memiliki rasa yamg manis dan sedikit asam yang sangat menyegarkan, sehingga dapat mengobati dahaga. Selain dari rasanya yang menyegarkan, buah naga ini menyimpan segudang manfaat di dalamnya sehingga sangat dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Buah naga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, kalsium, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, likopen, thiamin, niacin, tannin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Maka tak heran, jika buah naga sangat ampuh dalam mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Mengkonsumsi buah naga dapat dengan cara dikonsumsi langsung buahnya atau dijadikan jus yang lebih cepat diserap oleh tubuh, sehingga khasiatnya lebih cepat terasa.

    Manfaat buah naga dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi berkhasiat menjaga kehalusan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh  serta mencegah jerawat. Dilengkapi lagi dengan kandungan vitamin B1, B2, dan B3 yang berfungsi memulihkan nafsu makan, meningkatkan metabolisme dan menurunkan kadar kolesterol. Buah naga juga mengandung kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk memperkuat tulang, pembentukan sel-sel,  membentuk jaringan dan membuat gigi menjadi lebih sehat. 

      Dapat disimpulkan bahwa manfaat buah naga untuk diet sangat baik bagi kesehatan tubuh anda bersifat alami tanpa efek samping apapun. Sehingga aman bagi tubuh dalam jangka waktu pendek maupun panjang.Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal dari buah naga dengan membuatnya menjadi jus dan meminumnya secara rutin.



Berikut ini beberapa manfaat jus buah naga, diantaranya yaitu :

  1. Di dalam jus buah naga mengandung vitamin B3 yang cukup tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.
  2. Jus buah naga juga memiliki kandungan serat larut yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan, karena kandungan tersebut dapat melancarkan saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar. Sehingga kandungan lemak yang menempel di dalam usus dapat ikut larut dan terbawa keluar.
  3. Kandungan betakaroten di dalam jus buah naga tidak kalah tingginya dengan kandungan betakaroten yang terdapat di dalam buah wortel, sehingga sangat ampuh dalam meningkatkan kesehatan mata. Mengkonsumsi jus buah naga secara rutiin setiap hari, dipercaya sangat efektif untuk mempertajam daya penglihatan mata.
  4. Buah naga memiliki senyawa antioksidan yang dihasilkan dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi, senyawa antioksidan tersebut sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
  5. Jika anda ingin tampil cantik, anda dapat mencoba meminum jus buah naga secara rutin setiap hari. Karena kandungan nutrisi lengkapnya mampu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit kusam dan masalah kulit lainnya dari dalam. Untuk perawatan luar, anda juga dapat memaskerkan jus buah naga pada kulit.
  6. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dapat menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang sakit akibat pergantian musim.
  7. Sedangkan kandungan kalsium dan fosfor yang di miliki buah naga dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, mempercepat penyembuhan tulang patah dan masalah penyakit tulang lainnya.
  8. Mengkonsumsi jus buah naga secara rutin saat hamil, sangat berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Selain itu, kandungan asam folatnya mampu mempercepat pertumbuhan jaringan otak pada janin dan mencegah janin terkena cacat tabung syaraf serta mencegah bayi lahir premature.

Cara membuat jus buah naga :

  • Siapkan 1 buah naga, lalu cuci dan kupas kulit buahnya.
  • Setelah itu, belah menjadi beberapa bagian lalu masukan kedalam blender.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu, air dan haluskan dengan menggunakan blender.
  • Terakhir, tuangkan kedalam gelas dan jus pun siap diminum.

Itulah manfaat buah naga merah atau putih yang sangat berguna untuk kesehatan kita! dengan dijadikan jus, namun dimakan langsung juga itu lebih baik karena tidak ada campuran gula didalamnya. Namun jika ingin dijadikan jus lebih baik tidak cukup buahnya saja jangan ditambahkan gula karena tidak baik untuk penderita diabet dan lebih baik jika dicampurkan dengan madu.

Sumber: 

> Nadeau,wendy."Manfaat buah naga untuk diet menurunkan badan".http://manfaatbuah-daun.blogspot.com/2014/08/manfaat-buah-naga-untuk-diet-menurunkan.html (Diakses 10 februari 2017).

>Engs,effendy."8 Manfaat jus buah naga merah dan putih".https://manfaat.co/jus-buah-naga.html (Diakses 10 februari 2017)

Jika anda ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar