Selasa, 07 Februari 2017

DIABETES DAN GULA DARAH

Diabetes adalah Gangguan metabolisme yang ditandai dengan kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemi, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik yang disebabkan oleh kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya.





Berikut kriteria Diagnostik Gula Darah ( mg/dl )
Dites dalam keadaan Puasa dan Sewaktu :



Puasa

Bukan Diabetes bila < 100
Pra Diabetes bila berada di 100 - 125 
Diabetes bila berada di > atau sama dengan 126


Sewaktu

Bukan Diabetes bila < 100
Pra Diabetes bila berada di 100 - 199 
Diabetes bila berada di > atau sama dengan 200


   Lakukan test sebaiknya tidak dengan menusukan jarum saja ke jari, lebih akurat bila di lakukan pengambilan darah dari pembuluh darah di lengan ke laboratorium dan di cek berkala minimal 3 bulan 1 kali.
   

    Gula darah harus stabil, ukuran nya adalah 80 – 110 mg / dl ( miligram per desi liter) tidak boleh ketinggian, tidak boleh kerendahan, harus normal, seperti tabel yang berwarna hijau.

Berikut penjelasan tentang cara kerja Pankreas dan Liver / hati kita dalam mengatur kadar gula darah di dalam tubuh kita:

> Saat kita kelaparan, atau kondisi gula darah rendah, seperti di gambar sebelah kanan, dimana hanya ada 3 butir gula darah ( ilustrasi saja ) maka oleh pankreas akan bekerja, memerintahkan live untuk mengeluarkan cadangan gula darah yang ada pada liver.Sehingga masuk kembali ke dalam aliran darah kita sehingga kadar gula darah kita menjadi normal kembali.Itu kenapa, walau dalam kondisi lapar terkadang kita masih bisa konsentrasi, berjalan mengejar bis dll.

>Sebaliknya apabila kita makan terlalu berlebihan glukosa, misal habis makan padang, minum teh manis, makan kue tart, nah...kadar gula darah didalam darah kita akan meningkat, oleh pankreas dia akan bekerja menetralkan nya, caranya dia akan memerintahkan insulin untuk mengambil kelebihan itu dan menyimpan nya kedalam liver untuk menjadi cadangan gula darah kita.

    Nah temen2, terbayang ya betapa luar biasanya kerja si Pankreas dan liver ini karena dua organ ini sangat penting, sayangi mereka, rawat mereka agar mereka tidak rusak / ngambek, tidak mau bekerja semestinya.


Caranya : hindari makanan berlemak dan makan obat2an yg mengandung kimia.

Jika anda ingin hidup sehat

Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar