Rabu, 28 Maret 2018

CAMILAN SEHAT UNTUK PENDERITA DIABETES TIPE 2

Saat perut terasa lapar di sore hari, kita akan tergoda untuk meraih sebuah camilan yang tidak sehat seperti keripik, kue, atau permen.Jika kita melakukannya, kita pun akan gagal menjalani hari dengan asupan makanan sehat.Terlebih bagi kita yang memiliki diabetes, tentu saja hal ini merupakan kesalahan besar.

Camilan bukanlah musuh besar, asalkan makanan yang kita makan termasuk ke dalam camilan sehat dan tidak mengganggu kesehatan tubuh.


Laura Cipullo, RD, CDE, seorang penulis The Diabetes Comfort Food Diet mengatakan makan camilan tak dilarang selama kita bisa memilih makanan dengan bijak, melansir Popsugar.com.

Pilihan sehat bisa mengekang rasa lapar dan memberikan dorongan energi untuk melewati hari kita.

Kuncinya yakni tetap menjaga camilan sehat di tangan kita dan tidak tergida dengan makanan tidak sehat meski nikmat.Cipullo biasanya merekomendasikan makanan ringan yang mengandung campuran karbohidrat, portein, dan lemak sehat.

Kombinasi ini akan mengisi perut kita dan mencerna secara perlahan di dalam tubuh.

Ini juga bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.


Agar tak salah pilih, berikut camilan lezat dan sehat bagi kita yang memiliki diabetes tipe 2, melansir Popsugar.

1.Kacang kenari

Meski semua kacang, termasuk almond, pistachio, dan pecan (semacam kemiri) dikemas engan protein, serat, dan lemak sehat, tetapi kenari mungkin lebih menguntungkan.Ini karena kacang kenari memiliki tingkat asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi.


Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di The Journal of Nutrition, perempuan yang mengonsumsi 8 ons kenari atau lebih dalam sebulan  ( atau 2 ons per minggu) bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 24 persen.Cipullo menyarankan memilih kacang panggang mentah atau kering tanpa tambahan garam atau gula dengan porsi terbatas yakni segenggam kecil.


2. Apel

Dipenuhi dengan serat, apel dapat membantu mengurangi rasa lapar dengan membuat kita kenyang lebih lama.

Sebuah studi yang diterbitkan pada April 2009 di jurnal Appetite, ditemukan jika orang yang ngemil apel, memiliki 15 persen lebih sedikit kalori saat makan berikutnya.

"Tapi tidak ada yang gratis dalam hidup," kata Cipullo.

"Karena buah memang mengandung karbohidrat, penting untuk memantau porsi Anda."


Dia mengatakan untuk membatasi diri dengan mengonsumsi apel kecil dan memakannya dengan protein atau lemak seperti hummus, keju cheddar, atau satu sendok makan kacang alami, serta mentega almond.Ini untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.


3. Buah berry

Mengandung dengan vitamin, antioksidan, dan flavonoid, buah berry secara alami memiliki rasa manis.Ia juga memiliki karbohidrat yang sehat dan lezat, serta protein atau lemak sehat.

"Buah berry bagus karena kita bisa memakannya banyak tapi tidak mempengaruhi gula darah secara negatif," kata Cipullo.

"Secangkir dan seperempat stroberi hanya mengandung 15 gram karbohidrat."


Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 di Circulation menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi lebih dari tiga porsi stroberi atau blueberry setiap minggu memiliki risiko serangan jantung lebih rendah.Studi lain yang diterbitkan  pada bulan Agustus 2013 di The BMJ terkait konsumsi blueberry untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Taburkan buah berry pada yogurt atau oatmeal Greek kita dan sandingkan dengan kacang atau keju.

4. Keju bulat atau bundar


Keju bundar, slice, atau berbentuk stick rendah lemak merupakan pilihan tepat.Ini karena porsinya bisa terkontrol dan bisa memuaskna keinginan ngemil kita.Ini juga merupakan sumber protein dan kalsium yang baik.Jenis keju ini memiliki rasa yang ringan dan menyenangkan yang cocok dengan buah atau biskuit gandum utuh.

5. Popcorn atau almond panggang

Camilan mengejutkan yang menawarkan kombinasi sehat dari lemak baik dan karbohidrat tinggi, Cipullo merekomendasikan 2 cangkir popcorn dan 16 almond panggang.

Seperti biji-bijian lain, popcorn penuh dengan serat, nutrisi multitasting yang meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kontrol gula darah, dan mengekang nafsu makan.


Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2012 di Nutrition Journal bahkan menyarankan bahwa popcorn lebih memuaskan daripada keripik kentang.Namun pastikan untuk melewatkan popcorn kantong tertutup dalam microwave dengan campuran garam, keju bubuk, dan mentega.Sebagai gantinya pilihlah kantong udara yang terbuka atau lebih baik lagi buat semangkuk popcorn segar di rumah menggunkan popper udara panas yang murah. 


Sumber: Popsugar



Ingin hidup sehat

Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar