Rabu, 21 Maret 2018

SUDAH MINUM OBAT TAPI TAK KUNJUNG SEMBUH,APA YANG SALAH

Terkadang saat kita sakit dan meminum obat, efek yang obat berikan tidak sesuai dengan harapan.Jika ini pernah Anda alami, pasti Anda bertanya mengapa hal ini terjadi?Kenyataannya, obat seperti pil tidak dapat secepat kilat menyembuhkan penyakit kita, dan ini banyak terjadi karena kesalahan kita sendiri.


Perhatikan hal-hal berikut yang mungkin Anda abaikan saat meminum obat.

1. Tidak memperhatikan minuman apa yang kita minum bersama obat

Minuman tertentu dapat secara nyata mengurangi efek kuratif pada obat.Misalnya, kopi dan Coca-Cola menyebabkan obat cepat hancur.  


Teh juga tidak dianjurkan, karena cenderung memperlambat penyerapan obat-obatan.Selain itu, susu juga tidak diperbolehkan karena melemahkan efek obat. Minuman yang terbaik adalah air putih pada suhu kamar.

2. Mencampurnya dengan makanan yang salah

Kita juga tidak diperkenankan minum obat bersamaan dengan makanan tertentu.Kita harus berhati-hati agar tidak mencampur obat dengan makanan yang kaya serat karena dapat menghilangkan sebagian komponen yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, gandum, kembang kol, buah beri, sayuran daun hijau, labu, kacang polong, jamur dan makanan yang dibuat dengan tepung terigu.


3. Tidak mentaati jadwal minum obat


Penting juga untuk menghormati jadwal penggunaan obat-obatan kita. Agar obat efektif, penting untuk mempertahankan konsentrasi yang tepat dari obat-obatan dalam tubuh.Jika tidak, Anda tidak akan mendapatkan efek yang diinginkan. Jika perlu, Anda dapat menuliskan waktu meminum obat agar tidak lupa.

4. Mencampur obat


Jika Anda memiliki resep obat yang harus diminum dalam waktu bersamaan namun tidak yakin apakah dapat meminumnya sekaligus, sebaiknya beri waktu jeda.
Waktu jeda ini setidaknya  setengah jam antara setiap pil.

5. Berhenti minum obat ditengah jalan 


Meskipun kadang kita merasa telah membaik, hal terbaik yang harus dilakukan adalah tetap meminum obat sampai habis.Kita sering berhenti meminum obat saat merasa telah sembuh, tapi ini adalah kesalahan besar yang mungkin akan menyebabkan penyakit itu kembali.

Jadi, meskipun merasa lebih baik, lanjutkan  perawatan selama kita diindikasikan untuk melakukannya. Dengan melakukan ini, kita akan menyingkirkan gejala dan memastikan penyakit tidak kambuh lagi.



Sumber:

Kulsum,masruroh ummu."Sudah minum obat tapi tak kunjung sembuh? 1 diantara 5 kesalahan minum obat ini mungkin baru saja anda lakukan."http://intisari.grid.id/Wellness/Fitness-And-Health/Sudah-Minum-Obat-Tapi-Sakit-Tak-Kunjung-Sembuh-1-Di-Antara-5-Kesalahan-Minum-Obat-Ini-Mungkin-Baru-Saja-Anda-Lakukan?page=all (Diakses 22 Maret 2018)



Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar