Kamis, 22 Maret 2018

BAHAYANYA MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI

Karena alasan kesibukan, banyak yang makan atau minum sambil melakukan aktivitas lain.Padahal sebenarnya, kebiasaan makan dan minum tidak sambil duduk dan melakukan aktivitas lain bisa memicu gangguan kesehatan.

Seperti yang dijelaskan oleh Desy Nur Arsita, nutritionist dan dietitian dari SlimGourmet Catering, tentu ada pengaruh yang ditimbulkan apabila kita makan dan minum sambil berdiri, duduk, atau berbaring.


“Pada saat kita mengonsumsi makanan atau minuman sambil berdiri, hal ini akan menyebabkan makanan atau minuman masuk terlalu cepat dan jatuh dengan keras di lambung hingga ke pencernaan berikutnya,” jelasnya.

Hal ini akan memicu iritasi pada dinding lambung, sehingga akan memicu berbagai keluhan lainnya.


“Apabila dinding lambung mengalami iritasi, tentu akan membuat rasa tidak nyaman, asam lambung jadi meningkat, rasa mual, bahkan muntah,” imbuhnya.


Tak hanya sambil berdiri, makan dan minum sambil berbaring pun tentu akan memicu berbagai keluhan.


“Posisi alat cerna akan berada pada posisi sejajar. Selain membuat rasa tidak nyaman, hal ini dapat menyebabkan reflux atau makanan kembali naik ke kerongkongan bahkan juga muntah,” jelasnya.


Desy sendiri menyarankan bahwa posisi terbaik untuk makan dan minum adalah sambil duduk.


“Pada saat duduk, pencernaan lebih relaks dan tenang dalam mencerna makanan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik pada sistem pencernaan. Hal ini tentu tidak akan mengakibatkan hal-hal yang bisa terjadi seperti yang disebutkan tadi,” pungkasnya.

Nah, jangan lagi melakukan kebiasaan tersebut, ya!



Sumber:

Mayang,dionysia."Duh,makan dan minum sambil berdiri bisa picu kondisi ini!"http://nova.grid.id/Kesehatan/Umum/Duh-Makan-Dan-Minum-Sambil-Berdiri-Bisa-Picu-Kondisi-Ini?page=all (Diakses 23 Maret 2018)



Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar