Rabu, 23 Agustus 2017

MAKANAN INI TAK BOLEH DIPANASKAN DUA KALI

Tahukan Anda bahwa makanan sisa bisa menjadi basi jika tidak dimasak atau disimpan dengan benar?



Kita perlu mendinginkan ayam dan telur dalam waktu dua jam setelah memasaknya. Dan kita perlu merebus bayam selama satu menit untuk menghindari risiko kanker.Kita juga tidak boleh menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai karena meningkatkan risiko penyakit jantung.Bila ada sisa makanan di lemari es, kita berpikir itu menjadi penyelamat kelaparan setelah sepanjang hari di tempat kerja.Tapi kita sering tidak menyadari bahwa ada beberapa makanan yang berbahaya jika dipanaskan berulang.

Berikut ini beberapa makanan yang seharusnya tidak dipanaskan berulang, seperti dikutip dari boldsky.com

Telur



Telur harus dikonsumsi saat segar. Selanjutnya, dianggap lebih aman menghindari pemanasan ulang telur.Bakteri dapat berkembang pada suhu antara 4,44 – 60 derajat Celcius dan dapat merusak makanan atau membuat kita sakit.Ini adalah salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang.

Minyak


Ya, benar! Kita tidak boleh memanaskan minyak kembali. Minyak yang telah digunakan untuk menggoreng tidak boleh digunakan kembali.
Bila memanaskan minyak untuk menggoreng, itu akan merusak struktur minyak dan menghancurkannya.Saat dipanaskan lebih dari 100 derajat Celcius, terakumulasi zat beracun yang meningkatkan kadar lipoprotein densitas rendah yang buruk, kolesterol LDL.

Kentang



Tidak semua makanan berbahan dasar kentang bermasalah saat dipanaskan kembali. Tergantung seberapa baik kita menyimpannya setelah memasaknya.Kentang merupakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk botulisme yang menyebabkan pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum.Jika menyimpannya pada suhu kamar dan tidak mendinginkannya dengan cepat, maka berisiko membiarkan bakteri tumbuh subur.

Nasi


Nasi berisiko saat dipanaskan kembali atau digunakan kembali. Ini disebabkan  bakteri yang bisa berkembang biak jika nasi tidak disimpan dengan baik atau disimpan terlalu lama.
Nasi yang dipanaskan kembali juga bisa meningkatkan risiko keracunan makanan.

Ayam



Ayam adalah tempat berkembang biak yang menguntungkan bagi bakteri seperti E-coli dan Salmonella.Ini bisa membuat kita jatuh sakit karena diare atau keracunan makanan. Ayam yang kita rencanakan untuk dipanaskan ulang harus dimasak dan disimpan dengan benar.


Bayam, bit, dan seledri



Sayuran ini mengandung nitrat yang diubah menjadi nitrit karena bakteri. Asupan nitrit yang sangat tinggi melalui makanan bisa meningkatkan risiko kanker.Inilah sebabnya mengapa makanan ini tidak boleh dipanaskan kembali.


Sumber:

Sulaeman,ade."Ingat makanan ini tak boleh dipanaskan dua kali karena bisa membahayakan kesehatan kita."http://intisari.grid.id/Wellness/Healthy-Food/Ingat-Makanan-Ini-Tidak-Boleh-Dipanaskan-Dua-Kali-Karena-Bisa-Membahayakan-Kesehatan-Kita?page=all (Diakses 24 agustus 2017)

Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar