Kamis, 17 Agustus 2017

6 MAKAN SEHAT DAN MURAH

Bukan sebuah mitos, jika makanan sehat biasanya lebih mahal. Bahkan, tingginya harga makanan bergizi menjadi penyebab orang-orang beralih ke junk food. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak terlalu mahal. Berikut 6 jenis makanan yang sehat dan murah:

Kacang


Jika ingin makanan yang kaya serat dan protein, kacang-kacangan bisa menjadi teman baik kita. Untuk porsi setengah cangkir, bisa mencakup 8 gram kacang hitam yang mengandung serat dan protein sekitar 150 kalori. Bisa dibilang kacang padat nutrisi. Itu merupakah hal yang penting. Makanan dengan nutrisi yang tinggi bisa membuat kita kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang berkalori tinggi tapi jumlah nutrisinya sedikit.

Kentang



Kebanyakan orang tidak berpikir bahwa kentang merupakan makanan sehat. Kentang dianggap memiliki kalori yang tinggi. Padahal, hal tersebut terjadi karena kentang selalu disajikan dengan mentega atau keju. Namun, tanpa itu semua, kentang merupakan makanan sehat dan murah yang mengandung kalium.

Ikan Kalengan



Ikan memiliki banyak kandungan protein. Para ahli menyarankan kita makan ikan minimal dua kali dalam seminggu agar mendapatkan omega 3 yang cukup. Ikan fresh bisa sangat mahal, namun harga ikan kalengan lebih terjangkau.  Jadi ketika kita sangat ingin makan ikan, namun tidak memiliki cukup uang, kita bisa beralih ke ikan kalengan. Salmon merupakan pilihan yang bagus karena lebih banyak memiliki omega 3 dibandingkan ikan lainnya.

Sereal




Makanan instan biasanya paling tidak sehat. Namun, sereal merupakan pengecualian. Sereal gandum mengandung banyak kalsium, zat besi, serta berbagai vitamin dan mineral. Jadi, dengan memakan sereal, kita sudah mendapat banyak nutrisi. Yang biasanya sangat sulit diperoleh dari satu makanan saja.

Kacang Kedelai




Salah satu dari 6 makanan sehat dan murah adalah kacang kedelai – yang mengandung banyak protein. Cara termurah untuk mendapatkan kedelai bukan dari tofu atau yang lainnya. Melainkan langsung dari kacangnya yang juga kaya serat. Namun, jangan terlalu berlebihan, karena kacang kedelai juga memiliki lemak yang tinggi. Sebaiknya konsumsi 1 ons saja per porsinya.

Kunyit




Salah satu kunci untuk membuat makanan sehat menjadi lezat adalah dengan menambahkan bumbu dan rempah-rempah di makanan tersebut. Kunyit merupakan bumbu yang bagus untuk dipilih karena sangat berwarna dan berasa. Kunyit juga bagus untuk kita karena mengandung antioksidan kurkumin.

Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi mengurangi obesitas, depresi dan beberapa kondisi lainnya. Berdasarkan uji coba pada hewan, kurkumin bermanfaat pada penyakit kanker dan jantung. Meskipun begitu, masih harus dilakukan penelitian lain apakah hal tersebut berpengaruh juga kepada manusia.

Itulah 6 makanan yang sehat dan murah. Menjadi sehat ternyata tidak harus mahal, lho! 


Sumber: foxnews.com

Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar