Minggu, 30 Juli 2017

7 MAKANAN MENURUNKAN KEKEBALAN TUBUH

Sistem kekebalan tubuh memainkan peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, maka badan kita akan tetap sehat. Sistem ini akan bekerja melawan berbagai virus, bakteri dan kuman jahat yang menyerang tubuh kita.


Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, di sisi yang lain ada pula makanan dan minuman yang melemahkannya.


Boldsky memaparkan tujuh makanan yang akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Ini dia tujuh makanan yang bisa menurunkan kekebalan tubuh kita.

1. Kopi


Meski kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai banyak manfaat, ternyata minuman ini tidak bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Kopi bisa memicu naiknya gula darah, meningkatkan kolesterol dan trigliserida dan menekan sistem kekebalan. Menurut situs Livestrong, jika tubuh mengonsumsi lebih dari 500 miligram kopi per hari maka akan mengakibatkan insomnia, gelisah, gangguan pencernaan, jantung berdebar dan otot gemetar.

2. Soda


Orang yang lebih suka minum soda daripada minuman yang menyehatkan seperti susu rendah lemak dan jus buah murni akan kekurangan vitamin A, kalsium, dan magnesium. Reader's Digest menyebutkan, selain itu soda mengandung asam fosfor yang menguras kalsium dan magnesium. Padahal dua nutrisi itu membantu beroperasinya sistem kekebalan tubuh manusia.

3. Makanan goreng-gorengan


Selain dipenuhi dengan lemak yang bisa meningkatkan kolesterol jahat, goreng-gorengan juga meningkatkan inflamasi sehingga akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh. Globalhealingcenter.com menyebutkan menghindari makanan yang digoreng akan membantu tubuh untuk membangun kekebalannya, tidak peduli berapa pun umurnya. Selain itu, goreng-gorengan mengandung acrylamide, zat bersifat karsinogen yang bisa memicu kanker.

4. Daging merah


Foodbeast.com mengungkapkan sebuah studi menyebutkan bahwa molekul gula unik ditemukan dalam daging sapi, domba dan babi yang bisa memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh manusia. Hal ini kemudian bisa mengakibatkan tumbuhnya tumor dalam jangka panjang. Paparan akibat molekul gula unik yang ada dalam daging itu meningkatkan risiko terkena kanker hingga lima kali lipat pada tikus percobaan

5. Makanan olahan


TIME..com mewartakan jumlah kalori yang begitu banyak dalam makanan olahan dan makanan cepat saji akan mempengaruhi kesehatan, misalnya meningkatnya inflamasi, menurunnya kendali infeksi, meningkatkan risiko kanker dan meningkatkan risiko alergi. 

6. Kacang-kacangan


Dalam jumlah moderat, kacang-kacangan memang bagus bagi tubuh. Jika berada di bar, tempat pesta, menjauhlah dari toples kacang. Tangan Anda mungkin sudah bersih dan higienis, namun bagaimana dengan tangan orang lain? Selain itu ada pula kebiasaan orang untuk menjilati tangan usai makan kacang dan kemudian mengambil lagi. Tentu ini meningkatkan risiko penularan berbagai penyakit kepada orang lain. 

7. Alkohol


Hanya satu malam minum minuman yang mangandung alkohol ternyata mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ya, hanya dalam waktu 20 menit sejak menelan alkohol, sistem kekebalan tubuh langsung terpengaruh. 

Sumber:
JS,pujiono."Tujuh makanan yang menurunkan kekebalan tubuh."https://beritagar.id/artikel/kesehatan/tujuh-makanan-yang-menurunkan-kekebalan-tubuh (Diakses 31 juli 2017)

Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar