Minggu, 30 Juli 2017

5 EFEK SAMPING MINUM TEH HIJAU

Teh hijau adalah minuman herbal tertua. Lifehack menyebutkan teh hijau digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun lalu di Tiongkok.

Meminum teh hijau dipercaya memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan, misalnya membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol jahat dan mencegah kanker.


Namun, manfaat teh hijau akan dirasakan oleh tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. Jika teh hijau dikonsumsi terlalu banyak bisa memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Para peneliti menyarankan agar teh hijau dikonsumsi tidak lebih dari dua cangkir per hari. Sama seperti kopi atau jenis teh lainnya, teh hijau juga mengandung kafein yang bila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Boldksy memaparkan lima efek samping jika seseorang mengonsumsi teh hijau lebih dari dua cangkir per hari:

Kecemasan

Tingginya kandungan kafein di dalam teh hijau patut untuk diwaspadai. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan timbulnya rasa cemas. Selain itu akan muncul pula perubahan suasana hati yang sulit dikendalikan.

Asam lambung

Teh hijau mengandung zat tanin yang dapat merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Meskipun efek ini tidak terlalu serius, namun minum teh hijau tak disarankan bagi orang yang memiliki masalah dengan asam lambung.

Penurunan penyerapan zat besi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara berlebihan mengakibatkan penurunan penyerapan zat besi. Ini dikarenakan zat tanin yang ada pada teh hijau mampu memengaruhi kemampuan darah untuk menyerap nutrisi penting.

Sakit kepala

Kandungan kafein dalam teh hijau adalah salah satu faktor utama penyebab sakit kepala kronis. Teh hijau sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo dan migren.

Anak lahir cacat

Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh hijau agar bayi yang dilahirkannya tidak cacat.
Seorang peneliti epidemiologi kanker di UCLA dan University of Maryland Medical Center, Dr. Zuo Feng Zhang, dikutip dari Health, memaparkan zat tanin pada teh hijau dapat mengurangi penyerapan asam folat dan vitamin penting yang menyebabkan anak terlahir cacat.
Sumber:
Silaen,febria." 5 Efek samping minum teh hijau."https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/5-efek-samping-minum-teh-hijau (Diakses 31 juli 2017)
Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar