Minggu, 30 Juli 2017

5 CARA TINGKATKAN KEKEBALAN TANPA OBAT

Perubahan cuaca yang tak menentu bisa membuat orang menjadi mudah sakit karena daya tahan tubuh yang ringkih. Daya tahan tubuh yang tidak kokoh akan berdampak pada kesehatan.
Agar tubuh selalu sehat, kita harus mempunyai ketahanan tubuh yang kuat. Caranya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Biasanya sistem kekebalan tubuh akan menurun jika kita menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang minum air putih dan stres berkepanjangan.

Untuk mengembalikan dan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, sebaiknya hindari konsumsi suplemen dan obat penguat daya tahan tubuh. Selain lebih sehat dan murah, cara alamiah meningkatkan kekebalan tubuh juga lebih aman dan tanpa efek samping.

Inilah lima cara meningkatkan kekebalan tubuh tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan:

1. Hindari stres


Studi para ahli dari Ohio State University misalnya, menunjukkan bahwa stres psikologis memengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan mengganggu komunikasi antara sistem saraf, endokrin (hormon) sistem, dan sistem kekebalan tubuh. Ketiga sistem "berbicara" satu sama lain menggunakan pesan-pesan kimiawi alami, dan harus bekerja dalam koordinasi yang erat untuk menjadi efektif.

Tim peneliti dari Ohio State ini berspekulasi bahwa stres jangka panjang menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres - terutama glukokortikoid dalam jangka panjang. Hormon-hormon ini memengaruhi timus, tempat limfosit (salah satu sel imun) diproduksi, dan menghambat produksi sitokin dan interleukin yang merangsang dan mengkoordinasikan aktivitas sel darah putih.
Sementara itu dalam penelitian di University of Connecticut Health Center terungkap adanya hubungan antara stres dengan kekebalan tubuh.

Kata para peneliti, bagian dari sistem saraf yang bertanggung jawab untuk merespon stres (sistem saraf simpatik), ternyata juga bertugas mengatur kadar sel T, yaitu sel darah putih yang digunakan tubuh untuk mengatur kekebalan dirinya terhadap serangan zat asing.

Itulah alasannya kenapa stres bisa memperburuk penyakit otoimun seperti lupus, arthritis dan exim.

2. Banyak tertawa

Ada banyak manfaat tertawa. Tertawa dengan keras akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, memaksimalkan pembentukan energi, melancarkan sistem pencernaan, membuat Anda tetap langsing, dan membuat bayi tidur lebih nyenyak di malam hari.


Jika Anda tertawa lepas, risiko mengidap tekanan darah tinggi dan serangan jantung akan berkurang pula. Peneliti dari Vanderbilt University di Tennessee mengatakan, tertawa lepas selama 10-15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh.
Tertawa juga membantu menghilangkan perasaan tidak enak dan mengurangi tingkah negatif. Peneliti dari Universitas Maryland di Baltimore menemukan, humor mengurangi efek stres, sementara tertawa terbahak-bahak membuat tubuh menghasilkan zat serotonin yang dapat mengurangi ketegangan dan kemarahan.
Selain itu, anak yang hidup penuh canda tawa juga akan tumbuh menjadi orang yang spontan dan optimis. Mereka dapat mengatasi masa sulit, seperti mengatasi ketakutan pada hari pertama sekolah.

3. Meditasi

Meditasi ternyata bisa membantu menghapus mental negatif yang mengurangi respons kekebalan tubuh.

Selain itu meditasi juga dapat mempercepat tubuh untuk meningkatkan produksi antibodinya. Dalam ilmu biologi, peneliti membuktikan, mereka yang bermeditasi bisa lebih kuat melawan infeksi. Tubuh mereka juga bisa lebih baik mengendalikan rasa sakit ketika cedera.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Yogurt, teh hitam/teh hijau, bawang putih, buah oranye berdaging tebal dan tiram disebut oleh Shine sebagai makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut Heather Mangieri dari Akademi Gizi dan Diet Amerika Serikat, seperti dikutip HealthDay, mengonsumsi makanan yang sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bonusnya, tubuh akan mampu menangkal serangan penyakit menular seperti flu. Oleh sebab itulah kurangnya zat gizi mikro dapat mengurangi daya tahan tubuh.

Mangieri menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh tidak menjamin Anda aman dari serangan flu. Namun setidaknya Anda memperoleh pertahanan yang kuat. Nutrisi yang baik sangat penting untuk respon kekebalan tubuh yang kuat. Berikut jenis makanan alami yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh

5. Pijat tubuh

Pijat limfatik merupakan salah satu cara terbaik mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Daripada mengobati penyakit, lebih baik memanjakan tubuh Anda dengan melakukan pijat. Anda bisa melakukan pijat sekaligus perawatan kecantikan di spa-spa yang ada di kota Anda.

Pijat limfatik digunakan untuk mengobati penyumbatan cairan sistem getah bening. Dengan sentuhan ringan, terapi drainase limfatik menargetkan wilayah tertentu dan membantu pergeseran cairan getah bening dari daerah yang bengkak.

Pemijatan dilakukan dengan cara gerakan yang lambat dan berulang pada daerah yang terkena tanpa menggunakan minyak atau lotion
Boller melihat sejumlah pasien mengalami penyumbatan kelenjar getah setelah operasi serta wanita hamil yang mengalami pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Namun menurutnya, drainase limfatik juga dapat digunakan untuk sejumlah kondisi seperti hidung mampet dan jerawat.
"Anda dapat menggunakannya untuk kondisi apa pun, di mana saja di mana terdapat peradangan di dalam tubuh," kata Boller.
Sumber:
JS,pujiono."5 cara tingkatkan kekebalan tubuh tanpa obat-obatan."https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/5-cara-tingkatkan-kekebalan-tubuh-tanpa-obat-obatan (Diakses 31 juli 2017) 
Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar