Selasa, 23 Mei 2017

MENU SAHUR AGAR PUASA TETAP LANCAR

Sering merasa mudah lapar saat berpuasa? Mungkin ada yang salah dengan makan sahurmu, yuk atur komposisi menu sahurmu agar puasa semakin mudah dan lancar!



Pernah tidak sih kamu merasa lapar di siang hari saat berpuasa, padahal kamu makan cukup banyak pada saat sahur? Bisa jadi karena komposisi menu sahur mu kurang tepat sehingga membuatmu cepat merasa lapar kembali. Hal ini akan cukup menyiksa saat berpuasa, terutama jika kamu tidak memiliki energi untuk melanjutkan harimu dengan maksimal.

Oleh karena itu, yuk mulai atur menu sahur mu dengan lebih baik!

Awali dengan Segelas Air 


Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih karena selama puasa tubuh pasti akan banyak kehilangan cairan. Sebisanya, minum air hangat agar perut mu tidak kembung.

Jangan Lupakan Protein


Konsumsi lauk yang kaya akan protein nabati dan hewani seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, daging atau ikan. Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak memang mengenyangkan tapi cenderung cepat kembali lapar, oleh karena itu perbanyak protein agar perut tetap penuh sepanjang hari.

Hindari Gorengan 


Hindari menggoreng menu sahur karena makanan yang digoreng dapat menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Hal ini membuat kita menjadi cepat lelah dan ngantuk sepanjang hari. Selain itu tambahkan juga mengkonsumsi magnesium dan potassium, seperti pisang, jeruk, atau kacang almond, di mana hal ini dianggap dapat memproduksi energi untuk membantu beraktifitas sepanjang hari.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi 


Kandungan zat besi dalam tubuhmu akan menurun selama puasa karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih cepat lemas dan mengantuk karena oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal. Oleh karena itu tambahkan makanan yang mengandung zat besi pada saat kamu sahur, seperti bayam, jagung, kangkung, roti gandum, beras merah, yogurt, daging sapi, ikan dan sebagainya.

Hindari Makanan Manis


Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum, karena hal ini dapat membuat gula darah stabil seharian. Selain itu jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung gula, karena tubuh akan bereaksi melepaskan insulin dengan cepat yang menyebabkan tubuh meminta asupan energi baru yang cepat membuat kita merasa lapar. Jika ingin mengkonsumsi sesuatu yang manis, pilihlah yang manis alami, seperti kurma, gula aren, atau madu.



Sekarang kamu sudah tahu kan apa yang membuat mu cepat lapar dan lemas saat berpuasa. Oleh karena itu, yuk perbaiki menu sahurmu agar puasa lancar dan kita pun tidak lemas!
Sumber:
Azalia,Cut auzola."Komposisi menu sahur agar puasa tetap lancar."https://kawaiibeautyjapan.com/article/1675/menu-sahur-sehat/1?utm_source=mp-nav&utm_medium=button&utm_campaign=new-website#content (Diakses 24 mei 2017)

Ingin hidup sehat


Hubungi:
  

Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862
Deep Fried


Molten Cake



Tidak ada komentar:

Posting Komentar