Senin, 22 Mei 2017

CARA PRAKTIS OLAHRAGA DI KANTOR

Apakah kamu merasa cepat lelah ladies? Padahal kamu hanyalah bekerja di kantor yang tidak pernah mengangkat barang berat. Coba deh ingat-ingat kapan terakhir olahraga!


Bukan rahasia lagi jika olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Kurang olahraga mengakibatkan tubuh mudah lelah, terlihat lesu dan kurang bersemangat. Kesibukan bekerja umumnya sering menjadi kendala untuk melakukan olahraga.


Banyak alasan yang membuat pekerja kantoran mengabaikan olahraga. Pada pagi hari mereka sibuk dengan persiapan untuk berangkat kerja, sedangkan sore hari mereka pulang dengan rasa lelah yang akhirnya membuat malas berolahraga. Padahal, umumnya pekerjaan yang dilakukan di kantor sangat sedikit melakukan gerakan tubuh, mereka hanya terfokus pada monitor dan telepon yang ada di meja kerja yang membuatnya duduk hingga berjam-jam.

1. Memilih Tempat yang Lebih Jauh


Cobalah untuk memilih toilet di lantai lain atau tempat parkir yang lebih jauh dari pintu masuk. Tapi jangan menggunakan elevator ya, ladies! Jalan kaki tentu lebih sehat, kan?

2. Peregangan Tangan


Telungkupkan jari kedua tangan dan kaitkan seperti bentuk huruf ‘S’, letakkan sejajar dengan dada. Tarik sekuat mungkin tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Istirahat dan kemudian ulangi lagi.
Cara lain, arahkan telapak tangan kiri ke depan dan luruskan. Kemudian telapak tangan kanan behadapan dengan telapak tangan kiri membentuk ‘+’. Tangan kiri melakukan dorongan dan tangan kanan melakukan tarikan. Lakukan gerakan ini sebaliknya dan bergantian.
Gerakan ini dapat memperkuat otot pada bahu, dada, bisep, dan trisep tanpa harus meninggalkan meja kerja, lho!

3. Mengerakkan Kepala


Saat duduk, gelengkan kepala atau menoleh ke kiri dan kanan berulang kali. Kemudian memutar kepala sekitar 8 kali putaran. Gerakan ini dapat mencegah sakit dan kaku pada otot leher.

4. Melatih Otot Paha Saat Duduk


Saat duduk, lakukan peregangan pada kaki dengan menaikkan kaki hingga lutut lurus sempurna dan otot-ototnya berkontraksi. Tambahan beban dari sepatu akan melatih otot paha dan mengencangkannya. Lakukan ini berulangkali sesukamu, karena teman kerjamu tidak akan tahu apa yang terjadi di bawah mejamu.

5. Melatih Otot Betis Saat Berdiri Lama

Dengan posisi berdiri, naikkan jari-jari kakimu dan tahan beberapa saat kemudian turunkan. Gerakan ini melatih otot betis jika dilakukan berulang-ulang.

6. Menegakkan punggung


Sambil mengerjakan pekerjaan, jaga agar punggung tetap lurus, angkat lutut ke atas kursi dan tahan hingga otot perut tak lagi dapat menahannya.

7. Berputar dengan Kursi

Angkat kaki dan kemudian usahakan agar kursi berputar dengan melakukan gerakan menendang ke samping. Tetap perhatikan perputarannya agar tetap aman. Tentu lakukan ini saat ruangan sepi ya ladies! Selain menjadi alernatif olahraga, ini merupakan gerakan yang menyenangkan bukan?

8. Berolahraga dengan Memanfaatkan Meja

Letakkan telapak di bawah meja dan tekan ke atas atau kamu bisa melakukan sebaliknya, meletakkan telapan di atas meja dan kemudian tekan ke bawah.

9. Mengencangkan Otot Gluteus Atau Pantat


Sambil duduk, silangkan kaki dengan kedua telapaknya behadapan dan tahan. Atau dengan menyilangkan kaki tanpa menimpa kaki lainnya dan tahan. Cara ini sangat efektif melatih otot gluteus atau otot pantatmu.

10. Aktif Saat Jam Istirahat


Gunakan 40 menit untuk berjalan-jalan ke lingkungan sekitar gedung atau melakukan gerakan pemanasan dan relaksasi tubuh dengan gerakan sederhana . Kemudian, waktu 20 menit untuk menikmati makan siangmu.

Masih punya alasan untuk tidak berolahraga? Kira-kira gerakan mana yang akan kamu coba terlebih dahulu ladies?
Sumber:
Rahmawati,inka."10 Gerakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan di Kantor."https://kawaiibeautyjapan.com/article/2537/10-gerakan-olahraga-sederhana-yang-bisa-dilakukan-di-kantor/5?utm_source=mp-nav&utm_medium=button&utm_campaign=new-website#content (Diakses 23 mei 2017)
Ingin hidup sehat





Hubungi:

Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar