Senin, 29 Mei 2017

4 HAL TAK SEHAT YANG BUAT DIETMU GAGAL

Diet ketat sudah, disiplin mengurangi makanan tidak sehat sudah, tapi kenapa dietmu tetap gagal ya?Apalagi sih yang kurang? Mungkin kamu sering melakukan hal-hal tidak sehat yang secara tidak langsung ternyata mempengaruhi dietmu. Apa saja hal-hal tersebut? 

Berikut ini adalah daftar 4 hal tidak sehat yang membuat dietmu tidak sempurna. 

#1 Faktor Stres Berlebihan


Tingkat emosional seseorang mempengaruhi metabolisme tubuhnya. Ternyata, ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan, ada dorongan hormon tubuh yang meminta pasokan endorfin lebih banyak. Ketika tubuh tidak bahagia dan tidak bisa melepaskan hormon endorfin sendiri, secara otomatis, tubuh akan mencari sumber energi lain.
Biasanya, seseorang akan secara otomatis tiba-tiba memiliki nafsu makan yang berlebihan. Sebenarnya ini hanya sekedar ‘lapar mata’ tapi mau tidak mau badan menurutinya karena memang sedang butuh pasokan apa saja.
Untuk sebagian orang, sembarangan memasukkan makanan dalam tubuh karena nafsu sesaat dapat berdampak buruk terutama pada diet yang sedang dijalankan. Karena sekali dituruti kamu jadi tidak akan bisa berhenti lagi.

#2 Faktor Makan yang Tidak Teratur


Di jaman modern seperti ini, di mana ilmu pengetahuan mengenai kesehatan umum dapat lebih mudah didapatkan, masih ada saja orang yang percaya kalau mereka mengurangi satu makan besar mereka akan bisa lebih sukses dalam diet.
Faktanya, mengurangi jumlah makan dalam sehari justru dapat mengacaukan jam pencernaan tubuh dan jumlah masukan nutrisi yang harusnya diterima oleh tubuh.
Tidak makan pagi adalah sangat fatal akibatnya. Makan pagi adalah makanan yang bisa jadi energi untuk membantumu melewati hari yang penuh aktivitas. Tidak makan siang akan membuat kamu lebih lapar di sore hari sehingga membuatmu makan lebih banyak di sore atau malam hari. Hal yang lebih tidak efektif yaitu tidak makan malam, hal ini akan membuat tubuhmu yang seharusnya melakukan pembakaran ketika tidur menjadi kekurangan sumber tenaga, sehingga mengurangi jumlah kalori yang bisa dibakar ketika kamu tidur.
Jadi sebaiknya kamu tidak menghilangkan makan besarmu tapi cukup mengurangi porsinya saja. Itu jauh lebih baik daripada tidak makan sama sekali.

#3 Faktor Makan yang Terlalu Cepat


Makan terlalu cepat dapat menyebabkan banyak masalah pada sistem pencernaanmu. Tahukah kamu bahwa pada dasarnya makanan harus dikunyah 30-40 kali sebelum ditelan. Tetapi ada banyak sekali yang mempertanyakan hal ini selama bertahun-tahun.
Okelah kamu tidak harus mengunyah sampai 30 kali. Tidak perlu juga sampai menghitung berapa kali kamu mengunyah. Kamu cukup lebih memperhatikan sudah selembut apakah makanan yang akan kamu telan agar tidak memberatkan proses pencernaan di lambung dan proses selanjutnya. Karena apabila tidak benar-benar terkunyah dengan baik, nutrisi tidak dapat terambil dengan sempurna sehingga kalori baik yang diperlukan untuk pembakaran tubuh justru tidak terambil sempurna.
Selain itu, ketika kamu mengunyah perlahan, kamu memberi waktu untuk perut mengirimkan sinyal kepada otak ketika perutmu sudah kenyang. Sehingga dengan lebih sedikitnya makanan yang masuk dan tidak berlebihan, semakin sukses juga diet kamu.

#4 Faktor Keseringan Bergadang


Ketika kamu bergadang, hormon di dalam tubuh akan menjadi tidak seimbang dan kacau. Secara spesifik, ketika kamu kekurangan tidur, hormon leptin dan hormon ghrelin dalam tubuh kamu, menjadi sangat kacau. Leptin berguna untuk mengirimkan sinyal ke otak ketika tubuhmu sudah cukup kenyang sementara ghrelin menstimulasi rasa lapar di otak.
Jadi ketika kamu kekurangan tidur, kedua hormon ini akan mengacaukan otakmu dan secara bersamaan mengacaukan pola makan kamu. Inilah alasan kenapa tidak seharusnya kamu tidur terlalu larut atau bahkan bergadang hingga pagi.
Dari ke empat hal di atas, manakah yang sering kamu lakukan? Apakah seluruhnya merupakan kebiasaanmu? Waduh, ladies, kalau begitu jangan komplain kalau angka timbanganmu tidak turun-turun dan baju favoritmu tidak juga dapat menempel indah di tubuh kamu.
Ayo, buat usaha lebih untuk jadi lebih baik lagi kalau kamu masih belum puas dengan tubuhmu sekarang. Kurangi ke empat kebiasaan buruk di atas dan BAMM! Kamu akan bisa segera merasakan perbedaan dalam 5-7 hari setelah kamu melakukannya! Selamat berusaha ladies! Kalau usahamu berhasil, bagikan ceritamu di sini ya!!
Sumber:
LG,Kasih elia."4 Hal tidak sehat yang membuat dietmu tak bisa sempurna."https://kawaiibeautyjapan.com/article/1592/4-penyebab-diet-gagal/4?utm_source=mp-nav&utm_medium=button&utm_campaign=new-website#content (Diakses 30 mei 2017)
Ingin hidup sehat
Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862

Tidak ada komentar:

Posting Komentar