Rabu, 25 Juli 2018

Kamu lebih suka sayuran yang direbus atau dikukus?


Menurut artikel di www.livestrong.com ternyata ada beberapa perbedaan lho dari kedua cara masak tersebut.

Yuk coba cek dulu supaya kita lebih bijak dalam mengolah sayuran kita.



1. Retensi zat gizi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Journal of Zhejiang University SCIENCE B" pada bulan Agustus 2009 menemukan bahwa mengukus akan menghilangkan hanya sedikit nutrisi dalam brokoli, misalnya sejumlah vitamin C, glucosinolates dan klorofil . Sedangkan merebus menyebabkan kehilangan lebih dari 50% (British Journal of Nutrition " pada bulan Desember 2002). 
Berita baiknya adalah, pada penelitian lain, proses merebus dan mengukus bisa meningkatkan ketersediaan kandungan dari beberapa antioksidan sayuran (Journal of Agricultural and Food Chemistry, Januari 2008).

2. Membantu mengurangi nutrisi yang tidak dibutuhkan 

Merebus bisa diartikan sebagai proses pencucian zat tertentu dari makanan, dan ini terkadang bisa menjadi hal yang baik.Misalnya, orang yang menderita batu ginjal bisa mendapatkan manfaat dari merebus sayuran ini.
Orang dengan batu ginjal harus menghindari asupan yang mengandung oksalat misalnya yang ada pada beberapa sayuran berdaun hijau, bit , ubi jalar, lentils dan kacang kedelaiMerebus dapat menghilangkan hingga 87% oksalat dalam sayuran, sementara mengukus hanya menghilangkan hingga 53% (Journal of Agricultural and Food Chemistry,April 2005).

3. Tekstur dan Palatabilitas (kemampuan untuk merasa, mencicipi, mengecap (makanan dan sebagainya)

Sayuran kukus tidak hanya lebih bergizi daripada yang direbus, tetapi juga akan terasa lebih enak.Sebuah blind test menunjukkan bahwa orang lebih suka rasa dan tekstur sayuran yang telah dikukus dibandingkan dengan yang direbus(Journal of Nutrition Manusia dan Diet,Februari 2010)



Sumber : oriflame


Ingin hidup sehat

Hubungi:
Santy Marlina- Konsultan Independen Oriflame
Pin : 546D27CF
SMS : 081219992862


Tidak ada komentar:

Posting Komentar